Perkembangan Mebel Jepara 2016

Mebel Jepara pada tahun 2016 ini mengalami penurunan yang sangat drastis dibandingkan tahun sebelumnya, pasar mebel masih bisa bertahan mensuplay keberbagai daerah di Indonesia. Belakangan ini banyak perajin kecil mengalami kesulitan mengelola usaha mereka dikarenakan sepinya pesanan baik lokal atau ekspor.

Garden Furniture

Produksi furniture outdoor saat ini hanya sebagian kecil dari perusahaan yang ada di Jepara bisa mempertahankan usahanya. Persoalan ekonomi global sedikit banyak membawa pengaruh terhadap order dari luar negeri bahkan untuk pesanan lokal mengalami penurunan. Statistik dari data departemen perdagangan Jepara membuktikan adanya penurunan angka ekspor untuk produk garden seperti Bench, Table dan produk outdoor sejenisnya.

Peranan pemerintah dalah hal ini sangat penting untuk terus memantau perkembangan usaha kecil menengah yang ada di Jepara. Menurut catatan dari teman seprofesi, mereka sangat memerlukan dukungan dari pemerintah baik secara materi (modal) dan dukungan seperti kemudahan birokrasi. Kurangnya pembinaan terhadap pengusaha mebel di Jepara membuat banyak pihak khususnya pengusaha mengalami kesulitan untuk berkembang. Semoga dalam waktu kedepan pemerintah bisa lebih serius memperhatikan nasib dari perajin-perajin kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.